» » » Kisah Raharojo Kusumo Menjadi Murid Pangeran di Ponnegoro

Kisah Raharojo Kusumo Menjadi Murid Pangeran di Ponnegoro


Kebumen- Raharjo kusumo ang agrab di pangil mbah harjo, sama sekali engga tampak istimewah atau pun peryayai. Namun meskipun dia hidup bersa keluarga yang yang hidup pas-pasan, pada waktu muda dulu ia keturunan seorang peyayai jamannya. Ia juag sapai menjadi murid pangeran di ponegoro. Pada sat mejadi murid pangeran di ponegoro, mbah harjo selalu menemani gurunya kemanapun dia pergi, bahkan pada saat peperangan melawan penjajah. Mbah harjo masih setia menemani.
Hendak pangeran di ponegoro hendak mau menuju jawa timur dari kadipaten bayumas,did ala perjalanan dari gombong, kebumen, rombongan ka yang jumlahnya sekitar 50 orang  di hadang oleh penjajah belanda.
Ahirnya terjadi perang sengit ada sekitar 30orang yang meningal,  juag ada yang terluka karan dalam peperang tersebut  lawan sudah memakai meriyam sebagi senjata andalanaya.

Dari peperang diponnegoro  yang terluka di suruh untuk menetap di kebumen, yang waktu itu masih di kenal dengan alas bumi, juag pada waktu itu saya terkena senjata meriyam dari belanda.  Anehnya tubuh saya masih tetap utuh , naun terasa jatuh dari tempat yang tinggi sehingga untuk berjalan terasa kesulitan  dan kemudaian di suruh tingal oleh pangeran di ponegoro.”

Hal yang tidak bisa dilupakan oleh mba raharjo, adalah. Tasbeh pemberian pangeran di ponegoro, menrutnya tasbeh itu di yakini sebagi jimat pemberian pangeran di ponegoro. Tasbeh itu akan hilang sendirinya pada saatnya denagns endirinya ketika tidak di perlukan.

Sekitar tahun 1953 sudah agak jauh Indonesia merdeka  tiba tiba tasbeh tersebut menghilang sendirinya, semenjak saat itu, mbah harjo menjalani kehidupan menjadi warga kebumen. Setiap hari mbah harjo masih aktif mrnganyam- anyam abambu untuk di buat caping demi menghidupi keluarganya. Putret Penjuwang Indonesia Masih  Belum di Perhatikan nasibnya… ( kitipan Kebumen ekpres )
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

1 komentar:

Unknown 1 Januari 2014 pukul 05.34

SURAKARTA atas bantuan KI.
kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuanKI SURAKARTA pula yang telah memberikan
angka ritual kepada saya yaitu 4 angka dan alhamdulillah langsung tembus. sekali lagi makasih ya KI karna
waktu itu saya cuma bermodalkan uang 300 ribu dan akhirnya saya menang. Berkat angka GAIB hasil ritual KI SURAH KARTA
saya sudah bisa buka usaha yaitu BENKEL MOBIL/MOTOR dan TOKO SEMBAKO kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari
sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HUB/SMS KI SURAKARTA di nomor hpnya: 085_342_734_904 ramalan KI memang memiliki ramalan GAIB” yang dijamin tembus.,say assalamualaikum wr.wb a ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada KI